Backup Blog WordPress dengan Plugin BackupWordPress

Backup Blog WordPress dengan Plugin BackupWordPress
Backup adalah elemen penting dalam manajemen blog WordPress self hosting terutama dalam rangka pencegahan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti serangan virus, hacker, atau pindahan hosting secara mendadak dikarena suatu hal. Melakukan backup secara berkala juga sangat penting dilakukan agar kita mempunyai solusi cepat ketika terjadi masalah disebabkan oleh segala hal yang memang beresiko merusak blog. Plugin BackupWordpress merupakan plugin gratisan yang disediakan oleh WordPress.org secara cuma-cuma, berikut saya berikan panduan singkat menginstal dan menggunakan plugin BackupWordpress.
Buka dashboard blog anda, arahkan mouse ke tab plugin dan klik Add New. Kemudian ketikkan BackupWordpress pada kotak pencarian kemudian instal plugin.
img1
Tunggu proses instalasi selesai, kemudian klik Activate Plugin.
img2
Arahkan kursor ke menu vertikal Tools – Backups.

Anda akan dibawa menuju halaman plugin BackupWordpress, terdapat beberapa menu yang akan Anda temukan, klik Setting dan kemudian akan muncul halaman pop up di mana Anda dapat mengatur jenis file yang akan dibackup, jadwal backup dan email pemberitahuan proses backup. Silahkan isi sesuai dengan kebutuhan dan juga alamat email yang benar. Setelah selesai klik tombol Update.
img3
Selanjutnya, untuk pertama kalinya Anda dapat langsung menjalankan proses backup, caranya klik menu Run now. Plugin akan secara otomatis melakukan perintah backup sesuai dengan pengaturan yang telah Anda buat pada langkah di atas. Setelah proses backup selesai, Anda dapat mendownload file backup dan menyimpan file tersebut di dalam komputer Anda.

img4

0 komentar: